monggo

only if you needed

Jumat, 19 Oktober 2012

Pengertian Gereja

Pengertian Gereja
Gereja adalah persekutuan orang-orang percaya yang telah dipanggil Allah dari kegelapan menuju terang-Nya yang ajaib untuk dijadikan milikNya. Gereja adalah persekutuan orang-orag percaya yang mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan juru selamat dunia dan manusia
“Gereja” berasal dari bahasa Portugis “Igoreya” atau “Igrea” yang awalnya berarti kawanan domba yang dikumpulkan seorang gembala.

Beberapa istilah untuk menjelaskan pengertian Gereja
a)         Ekrlesia (Yunani)
Ek berarti keluar, Kaleo berarti memangil. Ekrlesia berarti persekutuan orang-orang dari kegelapan menuju terang-Nya yang ajaib (bdk : 1 Ptr 2:9, Kol 1:13, Rm 9:24, Ef 4:1, 2 Tim 1:9)
b)        Kuriake / Kuriakon (Kyriake) (Yunani)
Artinya, orang-orang yang menjadi milik Tuhan / kepunyaan Allah. Dahulu, Tuhan disebut “Kurios” di Yunani. Dari kata ini, kemudian diperoleh kata Church (Inggris), Kurk (Belanda), Kirchi (Jerman)
c)         Qahal (Ibrani)
Berarti memanggil / mengumpulkan. Kata ini biasa digunakan oleh orang Israel dengan sebutan Jemaah / perhimpunan umat Allah (bdk Hakim-hakim 20:2, 1 raja-raja 8:14)
Dalam Alkitab , kata “Gereja” tidak ditemukan, dan diganti dengan kata Jemaat. Gereja pertama kali ada pada saat Pentakosta (bdk Kis 2 : 1-13), sedangkan cara hidup jemaat awal / jemaat pertama ada di Kis 2 : 41-47

Tidak ada komentar: